Di Tengah Maraknya Penyakit, Penting Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan dan Minuman yang Mengandung Nutrisi yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh Anak
Berikan Indomilk Susu Bubuk untuk Dukung Anak Jagoan Tinggi, Tangguh, dan Tanggap
Nutrisi yang baik sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu ini, sering terjadi berbagai penyakit yang diderita oleh anak-anak.

Hal ini tentu membuat setiap orang tua khawatir akan kesehatan anak-anak dan melakukan berbagai upaya agar daya tahan tubuh anak kuat serta tidak mudah sakit. Salah satunya dengan memenuhi nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Pemenuhan nutrisi yang baik sangat berpengaruh pada daya tubuh anak, karena makanan bernutrisi baik mengandung sejumlah senyawa baik, seperti protein, mineral, vitamin, dan lainnya, yang bermanfaat serta memiliki peran masing-masing dalam tubuh.

Melansir dari laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, sistem kekebalan tubuh manusia dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk dari makanan.

Makanan yang mengandung nutrisi baik seperti diet dan mineral, dikombinasikan dengan tidur cukup serta olahraga, efektif membuat tubuh kuat melawan penyakit.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Nutrisi yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh Anak
Sarapan Bersama Keluarga

Setelah tahu pentingnya nutrisi untuk daya tahan tubuh anak, berikut ini makanan atau minuman dengan nutrisi yang baik untuk mendukung kesehatan Si Kecil.

1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan makanan sehat dan mengandung nutrisi yang baik, seperti diet dan mineral, serta antioksidan yang tinggi.

“Secara umum, sayuran adalah sumber makanan yang mengandung banyak antioksidan dan fitokimia yang luar biasa,” ucap Kelly Hogan, M.S., R.D., seorang Ahli Gizi yang berbasis di New York, melansir dari Bicycling. Antioksidan pada sayuran ampuh dalam mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan jangka panjang, seperti radang sendi dan penyakit jantung.

Lebih lanjut, Kelly Hogan juga menjelaskan bahwa sayur-sayuran merupakan sumber serat yang baik, serta kaya akan prebiotik. Kandungan prebiotik tersebut sangat baik dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Memiliki usus atau sistem pencernaan yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat,” ungkap Kelly Hogan. Untuk itulah Moms, selalu pastikan agar dalam menu harian Si Kecil terdapat sayuran yang segar dan sehat.

Beberapa contoh sayur-sayuran yang bisa Moms berikan, adalah:

  • Brokoli
  • Paprika merah
  • Asparagus
  • Bayam
  • Berbagai sayuran berdaun hijau gelap lainnya

Kebanyakan anak mungkin tidak terlalu suka rasa sayur sehingga jarang mengonsumsinya. Untuk itu, Moms bisa mengatasinya dengan melakukan variasi masakan dengan rasa dan tampilan yang lebih menarik untuk menarik minat makan Si Kecil.

2. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki nutrisi baik. Umumnya, buah-buahan beraneka warna mengandung banyak nutrition yang tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, namun juga memberi manfaat kesehatan lainnya.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian pada tahun 2019, yang diterbitkan di Journal of Nutrients. Di dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa buah-buahan menyediakan sejumlah nutrisi yang baik, seperti beta-karoten, vitamin C, dan nutrition E, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Beberapa contoh buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya, antara lain:

  • Jeruk
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Buah beri, seperti stroberi, raspberry, dan lainnya
  • Mangga
  • Aprikot

three. Daging Sapi dan Daging Ayam

Daging merah dari sapi dan daging ayam merupakan sumber protein hewani. Selain kaya akan protein, daging sapi dan daging ayam juga mengandung zinc yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan sel jaringan yang rusak dan mendukung sistem kekebalan tubuh agar menjadi sehat.

Four. Kacang-kacangan

Berikutnya ada kacang-kacangan yang tidak kalah bernutrisi dari makanan lainnya. Melansir studi yang termuat dalam Journal of Nutrients pada tahun 2010, dijelaskan bahwa kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi yang kaya akan lemak tak jenuh dan senyawa bioaktif lainnya, seperti:

  • Protein nabati berkualitas tinggi
  • Serat
  • Mineral
  • Tokoferol (salah satu bentuk nutrition E yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh)
  • Fitosterol (lemak yang dapat memberi efek penurunan kolesterol jahat)
  • Senyawa fenolik

Beberapa contoh kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi Si Kecil, adalah almond, biji labu, kacang mete, kacang Brazil, pistacio, kacang kenari, dan lainnya.

Five. Makanan Laut

Sumber protein lainnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah makanan laut. Makanan berprotein ini juga mengandung banyak diet dan mineral lho, Moms!

Ini mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Makanan laut adalah sumber mikronutrien pendukung kekebalan tubuh yang sangat baik, seperti nutrition D, yang merupakan jenis diet yang sangat sulit didapatkan dari makanan lain,” kata Dr. Philip Calder, Professor of Nutritional Immunology di University of Southampton, melansir dari Seafood Nutrition Partnership.

Beberapa contoh makanan laut yang baik untuk dikonsumsi untuk daya tahan tubuh, adalah ikan berlemak, seperti salmon, tuna, serta kerang, dan lainnya.

6. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik. Melansir dari US Dairy, susu menyediakan nutrisi diet A dan D, protein, seng dan selenium. Masing-masing dari kandungan nutrisi tersebut bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian Journal of Clinical Medicine pada tahun 2018. Dijelaskan bahwa vitamin A dikenal sebagai vitamin anti peradangan karena peran pentingnya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, mikronutrien ini sangat penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *